RI – Peru Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Berbagai Bidang

By Admin

nusakini.com--Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-3 dan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-4 RI – Peru telah dilaksanakan secara back to back di Lima, Peru, pekan lalu.

Pada SKB ke-3 Delegasi Peru dipimpin oleh Luis Quesada Inchaustegui Direktur Jenderal Urusan Ekonomi, Kementerian Luar Negeri Peru, dan FKB ke-4 dipimpin oleh Jose Antonio Bellina Acevedo Direktur Jenderal urusan Asia dan Oceania, Kementerian Luar Negeri Peru. Sedangkan Delegasi RI dipimpin oleh Muhammad Anshor Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI dan didampingi Duta Besar RI untuk Peru Moenir Ari Soenanda. 

Ketua Delegasi Peru menyampaikan bahwa Peru menempatkan Indonesia sebagai mitra strategis yang memiliki peran yang sangat besar di tingkat regional maupun internasional. Sementara itu, Ketua Delri menyampaikan pertemuan ini merupakan wujud keinginan kuat RI dan Peru untuk meningkatkan hubungan kedua negara yang tercermin dalam penguatan dan perluasan kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. 

Guna meningkatkan volume perdagangan, kedua negara sepakat untuk memulai Joint Study Group dan berharap negosiasi negosiasi perjanjian perdagangan RI – Peru dapat dimulai pada saat KTT APEC di Vietnam bulan November 2017. Selain itu, disepakati juga untuk membuka akses pasar lebih lebar khususnya perdagangan produk-produk pertanian melalui sebuah memorandum saling pengertian. 

Kedua negara juga menyepakati pentingnya kerja sama di bidang kehutanan, penanganan bencana, kerja sama antar kementerian yang bergerak di bidang perikanan dan akuakultur serta memperkuat kemitraan dalam memerangi IUU Fishing. 

Sebagai negara yang memiliki situs sejarah dan warisan budaya yang unik, disepakati untuk mengembangkan kerja sama perlindungan benda bersejarah dan cultural heritage, termasuk kerja sama antar otoritas candi Borobudur di Indonesia dengan pengelola Machu Picchu. (p/ab)